Metode Praktis Cara Mencuci Mobil Bagian Mesin

Metode Praktis Cara Mencuci Mobil Bagian MesinCara mencuci mobil bagian mesin terdiri dari beberapa tahap dan pada dasarnya, tidak bisa dilakukan secara serampangan. Bagian mesin seringkali dinomorduakan ketika seseorang mencuci mobil. Padahal bagian ini bisa keropos karena kotoran-kotoran atau debu yang menempel mengakibatkan korosi. Karena mesin memiliki komponen kelistrikan, sangat penting bagi Anda untuk mencuci mesin mobil Anda dengan benar. Caranya, adalah sebagai berikut:

Tahap Persiapan

Mesin mobil harus dalam keadaan hangat, pastikan tidak terlalu panas. Kalaupun mesin masih dingin, hangatkan terlebih dahulu.

Pastikan Bagian Elektrik Mobil Tertutup

Setelah Anda memanaskan mesin, pastikan semua bagian mesin khusus pengapian seperti Delco/Distributor, Dinamo Stater, Altenator, Kabel pada busi termasuk sistem elektronik mesin. Gunakan lembaran kantong plastik untuk memastikan semua bagian mesin tadi tertutup rapat. Bungkus, kemudian ikat menggunakan selotip atau karet gelang.

Jika tidak, Anda bisa menutup bagian tadi dengan menggunakan alumunium foil. Cara ini lebih mudah karena langsung bisa dilekatkan sesuai dengan lekukan pada komponen mobil. Kemudian, cek tongkat pengecek atau dipstick, dan tutup oli mesin apakah telah terpasang dengan benar dan rapat. Tahapan ini amat penting agar mesin mobil Anda tidak kemasukan air sehingga bisa tercampur.

Proses Pencucian

Jika semua bagian pengapian telah ditutup, maka Anda bisa memulai mencuci mesin mobil Anda. Pertama, mulailah dari bagian yang paling gampang, yaitu bagian bawah kap mesin. Semprotlah bagian ini lalu dilanjutkan dinding mesin. Khusus bagian bawah dari kap mesin, Anda bisa menggunakan sabun cream atau colek sehingga lemak dan oli bisa larut dan dibersihkan. Gosoklah dengan sikat berbulu kasar, lalu bilas hingga bersih segera mungkin dan jangan tunggu hingga air sabun mengering karena akan meninggalkan bekas. Lalu, keringkan dengan kain agar tidak ada air menetes ke bagian mesin Anda.

Cara Mencuci Bagian Mesin

Tahap selanjutnya yaitu mencuci bagain ruang mesin. Pertama, semprot bagian ruang mesin dengan air yang tidak bertekanan tinggi, cukup yang biasa digunakan untuk cuci steam. Penyemprotan bisa menggunakan botol spray atau slang air. Semprot bagian blok besin yang bagian belakang, lalu bagain depan. Agar proses penyabunan menjadi lebih mudah, gunakan spons. Agar kotoran bisa terangkat, Anda bisa meggunakan sikat gigi atau kuas sehingga bagian mesin yang sulit terjangkau bisa dibersihkan secara menyeluruh. Kemudian, keringkan semua bagian mesin yang telah dicuci menggunakan handuk atau kain perca.

Hal penting yang mesti diingat adalah semua proses mencuci mesin mobil ini harus dikerjakan dengan cermat. Dan jika Anda merasa ragu untuk melakukannya sendiri, sebaiknya serahkan kepada Car Wash. Pastikan Car Wash yang Anda pilih benar-benar profesional dan mampu melakukannya dengan benar. Pastikan Anda mendapat garansi bila hasil pengerjaannya tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah beberapa cara mencuci mobil bagian mesin. Dengan Anda bisa melakukannya sendiri, Anda bisa memantau kondisi mesin Anda.

Lihat Juga:

Kata pencarian: