Panduan Praktis Cara Mencuci Interior Mobil dengan Benar

panduan-praktis-cara-mencuci-interior-mobil-dengan-benarCara mencuci interior mobil yang benar bila dipraktekkan secara benar akan membuat mobil Anda selalu nampak bersih dan rapi. Meskipun ada banyak Car Wash yang melayani pencucian interior mobil, sangat penting bagi Anda untuk bisa melakukannnya sendiri supaya keadaan interiornya benar-benar sesuai dengan keinginan dan kepribadian Anda. Jika Anda ingin mencuci interior mobil Anda sendiri, perhatikan beberapa info berikut ini.

Membersihkan Karpet

Bagian ini mudah sekali terkena kotoran karena sering terinjak. Langkah pembersihannya tergantung pada bahan karpet itu sendiri. Jika berbahan kulit sintesis, karpet mobil akan mudah dibersihkan. Hanya dengan menggunakan kain lap dan penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran kering yang menempel. Jika berbahan kain, maka kotoran yang kering bisa langsung dilenyapkan dengan penyedot debu. Tapi, jika berupa kotoran basah, misalnya lumpur, karpet harus dicuci secara menyeluruh. Mungkin lebih baik Anda laundry karena hasilnya lebih maksimal ketimbang dilakukan sendiri.

Bagian Dashboard

Bagian dashboard mudah sekali retak dan kusam karena terpapar terik matahari dalam waktu lama. Sehingga, cara mencuci interior mobil khususnya dashboard, mestinya dibersihkan terlebih dahulu terutama pada bagian permukaan dan konsol. Gunakan kemoceng untuk membersihkan, lalu ginakan cairan pembersih khusus mobil untuk menggosok permukaan yang kusam atau kotor dengan lembut dan merata.

Membersihkan Debu

Kotoran yang satu ini mudah sekali masuk ke dalam mobil. Bisa dari jendela, pintu maupun pendingin angin mobil. Jika demikian, interior mobil menjadi tidak menarik.

Cara membersihkan debu pada interior sebaiknya menggunakan penyedot debu. Lakukan pembersihan paling tidak dua minggu sekali. Kalau perlu, Anda perlu membeli vacum cleaner portable yang spesifikasinya wet and dry sehingga begitu ada kotoran pada bagian dalam mobil, baik kering ataupun basah, bisa langsung dibersihkan.

Membersihkan Plafon

Plafon bisa dikatakan bagian dalam mobil yang tidak sering terkena kotoran, apalagi jika tidak ada perokok di dalam mobil Anda. Namun, di beberapa kesempatan yang tidak disengaja, mungkin tangan kotor Anda mengusap atau menyentuh bagian plafon sehingga menjadi kotor sehingga bagian ini pun perlu mendapatkan perhatian.

Mencuci plafon sebaiknya menggunakan air secukupnya saja, lalu digosok dengan menggunakan lap yang telah dibasahi. Plafon memerlukan perlakuan khusus karena bagian konfigurasi plafon ini berlapis-lapis. Lapisan terluar plafon terbuat dari bahan sejenis kain wool. Sifat kain ini mudah sekali lembap ketika terkena air terutama pada lapisan terluar. Bila lapisan ini terlalu lembap, maka akan mengakibatkan keluarnya bau yang kurang sedap. Yang lebih parah, plafon mulai ditumbuhi jamur. Sehingga, plafon harus segera dibersihkan area plafon yang sudah disabun dan disikat agar segera kering. Namun, jangan menggunakan vacuum cleaner sebab bisa menimbulkan efek gelmbung dan menarik plafon itu sendiri.

Itulah tadi cara mencuci interior mobil yang perlu diperhatikan oleh para pemilik kendaraan roda empat. Perawatan mesti lebih diutamakan sehingga bagian dalam mobil lebih gampang dibersihkan.

Lihat Juga:

Kata pencarian: