Tips Efektif Mencuci Mobil di Malam Hari

Mencuci mobil di malam hari sebaiknya tidak dilakukan, namun ketika Anda tidak memiliki waktu pada siang hari, atau pergi ke Car Wash saat liburan, terpaksa mobil harus di cuci pada malam hari. Agar hasilnya tetap maksimal dan mobil Anda lebih kinclong setelah dicuci, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Penerangan yang Memadai

Kendala untuk mencuci mobil pada malam hari adalah kotoran atau debu tidak terlihat jelas sehingga memungkinkan kita tidak bisa membersihkan secara keseluruhan. Untuk mengantisipasi hal ini, area tempat mencuci harus memiliki penerangan yang cukup. Yakinkan seluruh bagian mobil bisa terlihat secara sempurna, mendekati ketika mencuci mobil pada siang hari.

Siapkan Perlengkapan

Usahakan semua perlengkapan telah siap sebelum mulai mencuci mobil. Yang dibutuhkan antara lain semprotan (nozzle) yang dapat diatur, sabun khusus mobil, spons, kemoceng dan kanebo/lap kering.

Bersihkan Permukaan Mobil

Sebelum mencuci, bersihkan terlebih dahulu bagian luar mobil yang terkena debu atau kotoran dengan menggunakan alat yang lembut seperti kemoceng/bulu ayam secara hati-hati. Lakukanlah selagi kering karena ketika debu dan kotoran bercampur dengan air pada saat pencucian, car mobil Anda mungkin bisa tergores karena debu dan kotoran.

Semprot dengan Air Deras

Sebelum mobil dibasuh dengan sabun atau spons, pastikan semua bagian mobil disemprot dengan air bertekanan sehingga ketika Anda mencuci mobil di malam hari, semua lumpur yang melekat dan debu yang tidak berhasil dibersihkan dengan kemoceng bisa tersapu air. Jika tidak diperlakukan secara khusus seperti ini, debu dan kotoran yang menempel bisa merusak cat mobil.

Spons dan Sabun Khusus Mobil Wajib Digunakan

Agar pH seimbang, selalu gunakan spons dan sabun yang secara khusus didesain untuk mencuci mobil sehingga cat mobil tidak rusak. Selain itu, permukaan spons yang halus seseuai untuk cat mobil Anda sehingga tidak tergores.

Pilih Tempat yang Sejuk

Meskipun pada mencuci mobil di malam hari, usahakan tempat mencuci mobil berhawa sejuk, tidak terlalu dingin atau panas. Ini bertujuan shampoo mobil terlalu lama atau terlalu cepat kering.

Segera Keringkan

Malam hari bisa memiliki hawa terlalu dingin, sehingga begitu mobil telah selesai dicuci harus segera dibilas lalu dikeringkan dengan menggunakan lap kering khusus, kanebo atau bisa menggunakan micro fiber untuk menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel pada bagian mobil. Jika tidak cepat dikeringkan, air ini akan menjadi bercak yang bisa meningkatkan resiko berkembangnya jamur pada kaca atau cat mobil. Bercak ini mungkin tidak terlihat pada malam hari, tapi akan nampak jelas pada siang hari.

Inilah alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk mencuci mobilnya pada siang hari atau pagi hari. Namun, jika Anda bisa berhati-hati dalam mencucinya, hasilnya pun tetap akan maksimal. Jadi, tidak ada masalah mencuci mobil di malam hari. Dan apabila Anda menginginkan cara yang lebih praktis dalam mencuci mobil, silakan membawa kendaraan Anda ke Blink Carwash yang akan selalu siap membersihkan kendaraan Anda dengan spesifikasi dan kualitas yang memuaskan.

Lihat Juga: