Tips Mudah Perawatan Mobil

perawatan mobilPerawatan mobil amat penting untuk memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi prima, baik interior maupun eksteriornya. Akan lebih baik jia merawat mobil bisa dilakukan sendiri, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran, dan Anda termotivasi untuk menjaga kebersihan mobil dengan tangan Anda sendiri. Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui. Berikut ini contohnya:

Mencuci Mobil

Hal yang paling mudah untuk merawat mobil adalah dengan mencucinya secara teratur. Ini akan menjaga mobil tetap bersih, karena kotoran yang merekat pada bodi mobil Anda bisa dibersihkan secara keseluruhan. Gunakan selalu lap pencuci dan shampoo khusus mobil untuk menghilangkan semua kotoran dan debu yang membandel menempel pada body mobil Anda.

Cegah Jamur

Teknik pencegahan lebih baik kalau kita tidak may berurusan dengan jamur. Jika jamur terlanjur menempel pada kaca atau lapisan cat, akan semakin susah untuk dibersihkan. Cara pencegahannya adalah jaga mobil Anda selalu kering setelah tersiram air hujan, tapi jangan menggunakan sarung mobil karena cara ini hanya akan mempercepat tumbuhnya jamur akibat dari lembapnya mobil Anda.

Perawatan Dasbor

Dasbor yang teratur dibersihkan akan membuat material pembungkusnya tahan lama. Saat ini, ada berbagai macam produk perawatan dasbor beredar di pasaran, dan Anda hanya cukup menyediakan lap kain dan produk pembersih. Yakinkan, produk yang digunakan cocok dengan bahan dasbor karena beberapa produk secara khusus didesain untuk bahan tertentu.

Perawatan Jok

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah bagian jok. Material jok bermacam-maca, ada yang terbuat dari kain, kulit ataupun kulit sintesis sehingga perawatannya pun tergantung dari material joknya. Jika jok terkena kotoran, segeralah bersihkan. Bila jok berbahan kain, jangan terlalu sering menggunakan pembersih karena senyawa kimia di dalamnya bisa mudah merusak serat jok. Gunakanlah interior cleaner, kain kering, sikat nylon sampai vacuum cleaner agar semua bagian jok bisa dibersihkan secara keseluruhan.

Perawatan Doortrim

Bagian doortrim seringkali mudah kotor ketika tersentuh tangan, apalagi bila doortrin mobil Anda berwarna cerah dan terbuat dari material kain. Untuk membersihkannya sama dengan membersihkan jok mobil. Gunakan kain kering dan produk pembersih misalnya interior cleaner dengan cara menggosoknya sehingga kotoran bisa terangkat.

Perawatan Kaca

Kaca merupakan salah satu bagian mobil yang sering terlihat, dan mudah terkena jamur atau water spot. Jika sudah demikian, mobil menjadi terlihat kurang bersih, dan noda jamur bisa mengganggu pandangan. Cara pemebersihannya dilakukan degnan mencuci bagian kaca mobil dengan lap kering dan produk pembersih. Usaplah secara menyeluruh, dan bila kaca Anda terdapat goresan, serahkan kepada profesional.

Pembersihan Karpet

Tempat ini bisa dikatakan sarang debu, kuman dan bakteri karena seringnya terinjak. Pembersihannya sebaiknya dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner wet & dry untuk mengangkat semua kotoran yang menempel pada karpet mobil. Jika nodanya sangat sulit dibersihkan, gunakan produk upholsetery cleaner. Bersihkan dan masukkan lagi ke dalam mobil ketika telah benar-benar kering.

Beberapa hal di atas mesti dilakukan secara rutin. Yakinkan Anda selalu mengecek sehingga memudahkan perawatan mobil.

Lihat Juga: