Tips Sederhana Cara Kilapkan Cat Mobil yang Benar

cara kilapkan cat mobilCara kilapkan cat mobil yang tidak benar hanya akan mengakibatkan cat mobil Anda semakin nampak pudar dan kusam. Bahkan, mobil menjadi tidak menarik karena jamur-jamur yang masih menempel pada mobil Anda. Menjaga mobil agar selalu tampak mengkilap sama saja memberikan lapisan pelindung tipis yang transparan. Sehingga mobil Anda terlindung dari lecet ringan yang mungkin diakibatkan oleh kerikil kecil yang menempel pada debu. Cat mobilpun juga menjadi tahan lebih lama sehingga terlindung dari bahaya korosi.

Pemolesan

Cara paling umum untuk kilapkan cat mobil adalah dengan pemolesan. Sebelum mobil Anda dipoles, yakinkan mobil teleh dicuci hingga bersih, kemudian lap seluruh bagian permukaan cat mobil hingga kering. Tempatkan mobil pada area yang tidak terkena cahaya matahari karena body mobil tidak boleh dalam keadaan panas. Ini penting agar pemolesan nanti tidak cepat kering.

Pilihlah produk poles yang berkualitas sehingga tidak menyebabkan cat mobil Anda hilang. Lalu siapkan lap dan busa yang lembut. Baca petunjuk penggunaan produk, lalu mulailah memoles mobil Anda. Mulailah pada satu bagian mobil, dan jangan berpindah ke bagian lain sebelum selesai. Berikan lapisan poles secara merata dengan hati-hati agar tidak mengenai bagian mobil yang tidak boleh terkena produk poles. Biarkan selama 1 menit, lalu mulailah menggosok dengan gerakan memutar dengan lap lembut yang telah disiapkan hingga bagian tersebut mengkilap. Lakukan proses ini pada seluruh bagian cat mobil, hasilnya mobil Anda akan mengkilap.

Tips Kilapkan Cat Mobil

Bila Anda telah berhasil memoles mobil Anda dan telah mengkilap, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk menjaga kilapnya cat mobil. Pertama, jagan biarkan mobil terkena air hujan terlalu lama. Segera keringkan setelah Anda bepergian dalam hujan untuk mencegah tumbuhnya jamur yang menyebabkan pudarnya kilau cat mobil dan warna kusam. Jika telah timbul bercak jamur, gunakan produk cairan pembersih untuk mengembalikan kilapnya mobil. Gosoklah menggunakan amplas halus terlebih dahulu lalu dikompon dengan menggunakan produk pengkilap mobil.

Usahakanlah menghindari memarkir mobil Anda di tempat-tempat yang rindang yang terdapat burung di atasnya. Kotoran burung dan getah pohon akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Jika hal ini terjadi, segeralah mencuci mobil Anda dan jangan tunggu kotoran dan getah mengering.

Jauhkan mobil Anda dari butiran debu karena bisa mengakibatkan goresan atau baret pada cat mobil. Bila terdapat debu yang menempel, segeralah semprot atau siram menggunakan air untuk menghindari timbulnya goresan pada cat mobil. Selain itu, hindarilah menggunakan pocket chic penutup ketika matahari sedang terik karena kelembapannya mampu menumbuhkan jamur. Pocket chic sebaiknya digunakan pada cuaca dingin atau malam hari.

Dengan selalu memperhatikan hal-hal di atas, mobil Anda akan selalu nampak mengkilap. Cara kilapkan cat mobil tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin dan terkontrol sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang pada mobil Anda.

Tonton Juga

Kata pencarian: